Cara Sederhana Buat Silase Pakan Ternak Sentuhan EM

0
95
Kelompok tani Babakan Lestari, Desa Gunasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, rutin membuat silase pakan ternak dengan memanfaatkan bahan rumput gajah, dedak halus menggunakan fermentor EM4.

Kelompok tani (Poktan) Babakan Lestari, Desa Gunasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat selama ini rutin membuat silase pakan ternak dengan memanfaatkan bahan rumput gajah atau hijauan sebagai bahan silase, dedak halus 10 persen, probiotik Effective Microorganisme 4 (EM4) 10 persen dan molase 10 persen dari seluruh bahan silase.

Potong rumput hijau tersebut dengan ukuran 5-10 cm dengan menggunakan parang, atau mesin chopper. potongan rumput yang kecil dengan tujuan agar rumput yang dimasukkan dalam silo keadaan rapat dan padat sehingga tidak ada ruang untuk oksigen dan udara masuk.

Campurkan seluruh bahan pakan ternak peliharaan tersebut hingga menjadi satu campuran. Bahan pakan ternak tersebut dimasukkan dalam silo sekaligus dipadatkan sehingga tidak ada rongga udara. Bahan pakan ternak disajikan sampai melebihi permukaan silo agar tidak ada ruang kosong antara tutup silo dan permukaan pakan paling atas.

Setelah pakan hijauan masuk semua diberikan lembaran plastik dan ditutup rapat cara pengambilan silase: secukupnya untuk pakan ternak, contonya untuk 3-5 hari. Silase yang baru dibongkar sebaiknya dijemur atau diangin-anginkan terlebih dulu. Jangan sering-sering membuka silo untuk mengambil silase, ambil seperlunya, dan tutup rapat kembali silasesnya, agar silesa tidak mudah rusak.

Ciri-ciri silase yang baik: rasa dan wanginya asam warna pakan ternak masih hijau Tesstur rumput masih jelas tidak berjamur, tidak berlendir, dan mengumpal. diambil dari sumber channel youtube New Om Mantri.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini