Berbagai jenis bahan pembuatan pupuk organik cair diantaranya bonggol pisang, daun kelor, jahe, kunyit, lengkuas, bawang merah, lidah buaya, air cucian beras dan molasa dengan bioaktivator EM4.

Dalam upaya membantu masyarakat dibidang pertanian, Polsek Kedungagalar Polres Ngawi melaksanakan program Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling).

Seperti yang dilaksanakan oleh Polsek Gedunggalar dengan melakukan pendampingan kegiatan pelatihan serentak pembuatan pupuk Micro Organisme Lokal (MOL) dan Pupuk Organik Cair (POC) oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kedunggalar.
Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh Ketua Kelompok Tani se-Kecamatan Kedunggalardi aula Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kedungagalar, Kabupaten Ngawi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Kedunggalar AKP Juwahir, Kepala BPP Kecamatan Kedunggalar Suratno, Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Kedunggalar serta Ketua Kelompok Tani se-Kecamatan Kedunggalar.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kapolsek Kedungagalar mengatakan, sesuai petunjuk Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. kita melakukan pendampingan praktek pelatihan pembuatan MOL dan POC) penerapan program Bhatarling di wilayah Kecamatan Kedungagalar.

“Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan MOL dan POC antara lain, bonggol pisang, bawang merah, lidah buaya, lengkuas, kunyit, air cucian beras, molase, daun kelor dan EM4, kemudian dihaluskan dan diberi air lalu dibiarkan kedalam satu wadah selama 2 minggu sebelum akhirnya pupuk siap digunakan,” terangnya.

Lebih lanjut, Juwahir menyebut bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membantu para petani dalam peningkatan hasil pertanian karena berkurangnya pupuk subsidi yang diberikan oleh pemerintah.

“Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka Pengembangan Lumbung MOL maupun POC guna mendukung Pertanian ramah lingkungan di Kecamatan Kedunggalar ,” Pungkasnya,seperti yang diterbitkan suryanenggala.id.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini