Pentingnya EM4 Dalam Budidaya Udang

0
119
Dengan aplikasi EM4 pertumbuhan udang lebih cepat dan sehat dengan size besar.

Effektive Microorganisms 4 (EM4), sangat penting digunakan untuk mengolah tanah dasar tambak atau pada masa saat pemeliharaan udang, karena harganya sangat terjangkau, bahkan paling murah diantara produk sejenis. EM4 perikanan dan tambak memiliki manfaat bagi budidaya udang.

Hal itu diungkapkan Ko Atien yang memilik lahan tambak di Kawasan Pasawaran Lampung. EM4 Perikanan produk hayati PT Songgolangit Persada (SLP) telah digunakan sejak lama, terutama untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran, cangkang udang di dasar tambak serta meningkatkan daya tahan tubuh udang sehingga mengurangi penggunaan antibiotik.

Selain itu EM4 mampu menjaga kualitas air, kunci budidaya udang ada pada kualitas air. “Memang kuncinya budidaya udang adalah budidaya air dan budidaya microorganisme. Dengan menggunakan EM4 kualitas lebih baik karena limbahnya terurai oleh EM4. Otomatis kalau kualitas air baik BOD (Biologial Oxygen Demand) dan DO (Dissolved Oxygen) akan lebih bagus,” terang Ko Atien saat dikunjungi tim pemasaran SLP Jakarta.

Dalam upaya budidaya udang Vaname, Ko Atien menggunakan sejumlah kincir guna terpenuhinya kebutuhan oksigen. Selain itu juga untuk menyapu kotoran supaya bisa ke sentral dan kehidupan planton tumbuh dengan baik.

Tambak udang tersebut juga terlihat banyak mengeluarkan buih pada permukaan air yang berarti baik, karena bakteri sedang bekerja, bekembang biak dan dapat menekan pathogen, sehingga udang pertumbuhannya menjadi sehat dan sizenya besar.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini