Tanggulangi Masalah Lingkungan Dengan EM

0
96
Produk EM4 dari PT. Songgolangit Persada dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan limbah.

Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. Gusti Ketut Riksa menilai, kini sudah saatnya semua pihak secara bersama-sama menggarap masalah lingkungan dengan serius dan sungguh-sungguh sebagai solusi mengatasi bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, kebakaran dan lain-lain.

“Bencana alam tersebut sangat sulit ditanggulangi karena belum banyak tersedia teknologinya, sedangkan yang masih bisa ditanggulangi dan teknologinya sudah tersedia antara lain radikal bebas, radiasi, logam berat, korosi, hujan asam, serta hormun lingkugan lainya yang dapat ditanggulangi dengan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4), kata Gusti Riksa yang juga Instruktur EM pada Institut Pengembnagan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali.

Ia mengatakan, mengatasi masalah lingkungan yang sangat luas dan kompleks, salah satu diantaranya meningkatkan kualitas air untuk air minum, air irigasi pertanian, air untuk memelihara ikan, tambak, usaha peternakan dan untuk berbagai aspek kehidupan lainnya.
Bahkan sudah banyak ada informasi tentang sungai yang mengandung E.coli, Salmonela yang membahayakan umat manusia, matinya ikan-ikan di danau, di laut, ditambah lagi dengan air lingkungan yang berbau busuk, terakumulasinya berbagai polutan, endapan lumpur dan timbunan sampah yang dapat menyumbat saluran pembuangan.

Jika satu dari sepuluh rumah tangga secara aktif menggunakan EM untuk cuci-mencuci, mengepel lantai, menyiramkan pada tanaman di pekarangan, kamar mandi dan lain-lain akan memberikan manfaat yang luar biasa antara lain mulai dari selokan sekitar rumah tangga, selokan yang lebih besar, sungai sampai ke lautpun air permukaan menjadi jernih.

Peningkatan kualitas air akan mampu mengundang kembali makro dan mikro flora air. Kedatangan biota mikro ini memancing ikan-ikan untuk datang karena biota mikro ini adalah pakan dari burayak ikan.

Berbagai jenis ikan yang lebih besar berdatangan, burung-burung pemakan ikanpun tampak kembali, berbagai usaha seperti penanaman rumput laut, kerang mutiara berkembang dengan baik dan keindahan alam yang dulu pernah dinikmati akan muncul kembali.
“Selain itu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yakni minum air bersih dan berkualitas dan mudah-mudahan dapat terbebas daro berbagai penyakit berkat lingkungan yang sudah terrevitalisasi,” ujar Gusti Ketut Riksa.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini