Rizali: Asah Kemampuan Sahabat Tani Dengan EM

0
105
Penyuluh Pertanian di Kalimantan Selatan Rizali Anshar, SST. MM saat menyampaikan materi dalam webinar bertajuk “Tanaman Subur dan Lebat Tanpa Boros Biaya” melalui aplikasi zoom.

Petani dalam keseharian selalu bekerja dengan pikiran dan pisik tubuh yang prima untuk menghasilkan bahan pangan kebutuhan keluarga sehari-hari untuk keluarga maupun dijual untuk  pelanggan dan konsumen.

“Petani ketika ditanya, kenapa padinya tumbuh seperti ini dan dijawab tumbuhnya memang biasa seperti ini, panen yang lalu hasilnya bagus, tapi panen kali ini kurang beruntung,” kata pembicara utama  Rizali Anshar, SST. MM, pada Webinar mengusung tema “Tanaman subur dan lebat tanpa boros biaya” melibatkan ratusan peserta  sahabat tani lintas nusantara.

Rizali Anshar, SST. MM adalah seorang Penyuluh Pertanian di Kalimantan Selatan sekaligus  pemilik channel youtube Penyuluh Pertanian Lapangan yang mempunyai lebih dari 50.000 pengikut.

PT Songgolangit Persada, agen tunggal yang memproduksi dan menjual EM4 pertanian, EM4 Perikanan, EM4 Peternakan dan EM4 limbah ke seluruh daerah di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang, dalam Webinar kali ini berkolaborasi dengan Rizali Anshar.

Rizali Anshar menuturkan, dialognya kesehariannya itu dilakukan dengan para petani yang dikunjunginya untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan, agar petani senantiasa meningkatkan kemampuan dan mengasah keterampilan untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Kenapa biasanya tumbuh begini dan hasilnya bagus, namun panen kali ini hasilnya merosot, karena petani tidak memperbaharui ilmunya, tidak mengasah keahlian dan pengetahuan yang menyebabkan hasilnya tidak maksimal,”ujar Rizali Anshar, PPL berprestasi dan teladan tingkat nasional yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian RI tahun 2021.

Ia minta izin mengasah kemampuan sahabat tani dengan memperkenalkan Effective Microorganisms 4 (EM4), teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Apa itu microorganisme yang perannya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya melemparkan sepiring nasi ke kebun dalam waktu 1-2 minggu, nasi itu hilang, padahal bukan akibat dipatok ayam atau jenis ternak lainnya.

Ia menjelaskan, nasi yang dibuang ke kebun itu hilang, karena telah diurai oleh mikroorganisme, tidak hanya nasi tapi juga semua bahan organik lainnya. Mikroorganisme itu ada di mana-mana di belahan bumi ini, termasuk di dalam usus manusia.

Mikroorganisme yang jumlahnya sangat banyak sekali tidak terbatas, setiap hari terus bekerja untuk merombak bahan-bahan organik sehingga sangat bermanfaat untuk sektor pertanian, peternakan dan perikanan maupun untuk berbagai aspek kehidupan lainnya.

Mikroorganisme yang juga disebut dengan mikroba itu, selain bekerja merombak bahan organik  juga berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh (ZPT) mampu menstumulasi pertumbuhan tanaman  melalui ZPT tertentu yang dihasilkan, sehingga tanaman menjadi tumbuh subur dan sehat.

EM4 pertanian mampu meningkatkan kesuburan lahan sehingga tanaman tumbuh subur dan sehat. Demikian juga dapat dimanfaatkan  untuk memfermentasi bahan-bahan organik, limbah dapur dan kotoran ternak menjadi pupuk bokashi padat dan pupuk bokashi cair yang cocok untuk semua perkaran tanaman, ujar ujar  Rizali Anshar. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini