Teh Bokashi Jati Cina Manfaat Multi Khasiat

0
96
Rutin mengkonsumsi Teh Bokashi Daun Jati Cina sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Daun Senna atau di Indonesia lebih dikenal sebagai daun teh jati cina, salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat multi khasiat bagi tubuh antara lain sebagai obat  pelangsing dan penurun berat badan.

Manfaat teh daun jati cina adalah sebagai obat laksatif atau pencahar yang tidak memerlukan resep dokter dan alami. Berbagai manfaat teh daun jati cina yang dikutif dari berbagai sumber:

1. Mengatasi Konstipasi

Manfaat teh daun jati cina adalah sebagai obat yang mampu mengatasi konstipasi yang terjadi sesekali. Tidak disarankan untuk meminum teh ini lebih dari dua minggu karena dapat menimbulkan efek samping. Salah satu penelitian di Brazil mengungkapkan bahwa manfaat teh daun jati cina sebagai laksatif disebabkan oleh salah satu kandungan zat di dalamnya yang mengiritasi lapisan usus besar, memicu kontraksi usus besar dan pergerakan usus.

Senna atau teh daun jati cina ini juga menghalangi air dan elektrolit terserap di usus besar, sehingga melunakkan kotoran karena mengandung lebih banyak cairan. Agar efek laksatifnya bekerja dengan baik, teh ini dapat diminum pada malam hari. Untuk mengatasi konstipasi secara keseluruhan, sebaiknya tingkatkan konsumsi serat, lebih aktif bergerak atau berolahraga, dan minum air yang cukup.

Karena manfaat teh daun jati cina yang memiliki efek laksatif, teh ini dapat digunakan sebagai salah satu cara mengosongkan usus sebagai salah satu persiapan kolonoskopi.

Kolonoskopi adalah tindakan pemeriksaan oleh dokter untuk melihat ke dalam usus besar (colon) dan rektum.

Tindakan ini biasanya digunakan dokter untuk mendeteksi adanya polip di usus besar, mencari sumber masalah dari gejala-gejala yang tidak biasa, atau deteksi dini kanker usus besar.

Tindakan kolonoskopi memerlukan persiapan hingga seminggu sebelumnya. Dokter akan merekomendasikan perubahan menu makanan sebelum tindakan agar usus bersih dan lebih mudah diperiksa. Jika prosedur kolonoskopi berhasil, biasanya tidak perlu diulang hingga 10 tahun ke depan.

2. Meringankan Gejala Wasir

Manfaat teh daun jati cina juga dapat dirasakan oleh penderita wasir. Seduhan teh daun jati cina dapat meringankan beberapa ketidaknyamanan gejala-gejala wasir karena manfaatnya yang dapat melunakkan kotoran dan mengatasi konstipasi.

Wasir adalah kondisi pembuluh darah dan jaringan yang membengkak di area rektum bagian bawah yang dapat menimbulkan gejala seperti keluarnya darah, sakit, dan gatal. Umumnya, penyebab utamanya adalah konstipasi yang kronis dan kemunculan konstipasi yang sesekali juga dapat mengiritasi wasir yang telah muncul sebelumnya.

Namun efektif tidaknya teh daun jati cina untuk mengatasi gejala-gejala wasir ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Antioksidan

Melansir jurnal LiverTox: Clinical and Research Information on Drug-Induced Liver Injury, yang melakukan investigasi lebih lanjut kandungan antioksidan di dalam teh daun jati cina.

Pada jenis daun Senna cana, atau teh daun jati cina ditemukan jumlah antioksidan phenol dan flavonoid yang cukup tinggi. Potensi antioksidan dalam ekstrak daun jati cina ini diduga menyumbang beberapa manfaat untuk kesehatan.

Antioksidan berperan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan stres oksidatif akibat radikal bebas yang datang dari berbagai sumber, misalnya polusi, beberapa jenis makanan, minyak jelantah, dan minuman beralkohol.

4. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar

Irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar adalah gangguan yang terjadi di area saluran pencernaan yang dapat menimbulkan gejala-gejala seperti kram perut atau sakit perut yang berulang, kembung, diare, atau konstipasi. Gejala-gejala ini biasanya bersifat kronis atau sering kambuh.

Manfaat teh daun jati cina untuk penderita sindrom iritasi usus besar yaitu sebagai solusi jangka pendek untuk membantu meringankan atau mengatasi beberapa gejala yang sering terjadi, misalnya kembung, konstipasi, dan gangguan pencernaan, secara lebih alami.

Teh Bokashi Daun Jati Cina, produksi Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer mempunyai khasiat membantu melancarkan Buang Air Besar (BAB), minum di malam hari, butuh waktu 10 jam untuk melancarkan pencernaan.

Besok paginya, siap-siap, wes ewes ewes bablas angine. Teh Bokashi daun jati cina didaftarkan di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), untuk lancarkan BAB, dengan nomor pendaftaran 221055741.

Kesehatan perut/usus karena pembuangan sisa makanan di usus menjadi lancar. BAB yang lancar setiap hari bisa menyehatkan organ dalam, kebersihan darah, kulit menjadi cerah, perut sehat, pernafasan menjadi ringan/relek.

Salah satu usaha untuk memperlancar BAB adalah dengan minum teh Bokashi daun jati cina. Jika anda merasa perut begah/kembung akibat banyak makan, bisa dicoba dengan minum teh bokashi, untuk melegakan kerja usus, dengan memperlancar pembuangan sisa- sisa makanan di dalam usus. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini