Probiotik Untuk Kesehatan Ikan Dan Udang

0
110
Seorang pekerja sedang membuat pakan udang yang difermentasi dengan EM4 perikanan.

Probiotik adalah bahan tambahan (feed additive) yang mengandung sejumlah bakteri (mikroba) yang mampu memberikan dampak menguntungkan  terhadap kesehatan ikan dan udang.

“Pemberian probiotik terhadap ikan dan udang dapat memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal,” kata Manajer Pak Oles Green School Jalan Waribang, Denpasar, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan,  salah satu probiotik yang selama ini dikenal masyarakat luas, khususnya petambak dan peternak ikan adalah Effective Microorganisms 4 (EM4).

EM4 perikanan dan tambak tersebut mampu memperbaiki daya cerna pakan, proteksi terhadap penyakit, meningkatkan pertumbuhan dan berat ikan, menurunkan nilai konversi pakan FCR (Feed Conceversion Ratio) dan mempercepat degradasi bahan organik.

Dengan demikian bahan organik dapat menghasilkan zat-zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan plankton, dan mengurangi pencemaran amonia.

EM4 perikanan dan tambak juga dapat memberikan keuntungan proteksi penyakit dengan memperkaya mikroba yang bermanfaat pada air, sekaligus  mengurangi mikroba yang merugikan serta memperbaiki lingkungan tumbuh.

Selain itu juga  dapat meningkatkan kelulushidupan dan pertumbuhan ikan, tutur Pak Yoyok.  EM pelopor probiotik untuk perikanan dan tambak. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini