Langkah Awal Pengembangan EM

0
53
I Gusti Ketut Riksa saat menyampaikan materi dalam Seminar Pertanian Organik Dengan Teknologi EM4 melalu zoom.

Oleh: Ir. I Gusti Ketut Riksa *)

Kegiatan ini dapat dikatakan pekerjaan besar/karya agung, oleh karena itu tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri; untuk memperoleh dampak yang relatif cepat haruslah dilakukan secara berkelompok. Biasanya dibeberapa wilayah selalu ada orang yang berpengaruh atau disegani; lebih lebih orang tersebut mempunyai otorita. Orang inilah yang mula-mula diharapkan memiliki keinginan untuk merevitalisasi lingkungan yang sudah terlanjur tercemar. Melalui orang ini beserta handaitolannya mengambil inisiatif untuk pertama kali melaksanakam penyuluhan menggunakan teknologi EM (Effektive Microoganisms). Ingatlah bahwa EM dapat digunakan di pertanian, peternakan, industri, lingkungan rumah tangga bahkan dikesehatan.

Tentu saja upaya untuk mengajak orang lain diawali dengan ceramah yang dilakukan oleh seseorang yang mengenal seluk beluk teknologi ini. Selain itu dengan selalu mengunakan EM, tanah, air dan udara dimanapun beraktifitas tidak akan diganggu oleh bau menyengat, yang paling penting pathogin tidak berkembang sehingga kesehatalan dan kekebalan kita meningkat. Ibaratnya seperti melempar burung dengan sebuah batu, dua burung dapat diperoleh, yakni usaha dapat berjalan dengan lancer, kekebalan dan kesehatan tetap terjaga.

Dewasa ini semakian dipahami bahwa dalam meningkatkan kwalitas kesehatan tidak dapat hanya menggunakan antibiotika meskipun buat sesaat antibiotika itu sangat diperlukan namun penggunaan dalam jangka waktu yang panjang akan melemahkan organ tubuh lainnya. Dengan meningkatkan kekebalan diri pribadi melalui adopsi antioksidan yang dihasilkan oleh mikroba EM pathogin dapat diatasi. Dengan demikian dengan peningkatan kekebalan kita dapat hidup berdampingan dengan mikroba, karena mikroba ada dimana-mana, inilah salah satu tujuan dari penerapan teknologi EM. Memberantas suatu mahluk hidup yang ada dialam, cepat atau lambat pasti akan ada eksesnya dibidang lain.

Upaya melestarikan lingkungan harus selalu ditanamkan agar masyarakat untuk membiasakan hidup bersih. Selain yang disebutkan diatas banyak lagi manfaat yang bisa diwujudkan dengan menerapkan teknolgi EM. Langkah pertama yang perlu diwujudkan ialah agar di rumah tangga selalu tersedia EM aktif yang siap digunakan sewaktu-waktu. Kesiapan adanya EM aktif disetiap rumah tangga dapat dilakukan secara bergrup, yakni harus ada sponsor yang menyediakan EM, molase, dan sebuah jerigen berukuran 20 liter, apabila anggota grupnya 20 orang. Dewasa ini semua sarana itu tersedia dipasar dengan harga yang sangat murah.

Dengan mencampurkan 1 liter EM asli dengan 1 liter molase ditambah dengan 18 liter air dan difermentasi selama 5 samai 7 hari kita telah memperoleh 20 liter EM- aktif atau 1 jerigen yang siap digunakan. EM-aktif ini kemudian dikemas dengan botol-botol bekas berukuran 1 liter, kemudian dibagi-bagikan kepada masing-masing keluarga sesama anggota grup. Satu botol larutan EM-aktif ini harus sudah habis dipakai dalam waktu 1 bulan selanjutnya dibuat lagi EM aktif dengan cara yang sama. Untuk dapat melihat dampak EM sekurang-kurangnya sebulan dari aplikasi permulaan. Pertama kali akan disampaikan manfaat EM-aktif untuk rumah tangga; hal ini dapat dilakukan oleh ibu-ibu semua anggota grup.

Satu. Mengepel lantai. Apabila mengepel lantai memerlukan air sebanyak 1 liter, ambilah persediaan EM-aktif sebanyak satu CC saja dan dicampur dengan air yang digunakan untuk mengepel. Apabila hal ini dilakukan setiap hari lantai akan menjadi bersih mengkilat karena semua polutan akan disantap habis oleh mikroba EM. Ingatlah bahwa mikroba EM dapat berkembang cepat. Lalat dan kecoak akan pergi karena kondisi rumah menjadi antioksidatif sedangkan lalat memerlukan lingkungan yang jorok, pengap kotor dan oksidatif. Dengan perubahan kondisi, kerja hormonal mahluk ini akan terganggu sehingga binatang ini tidak berkembang, namun binatang lainnya bisa melanjutkan hidupnya.

Lantai dekat tembok pun menjadi bersih, tanpa noda yang biasa terdapat dengan menggunakan pembersih lantai lainnya. Semprotlah karpet secara periodik dengan EM, bulu-bulu pada karpet menjadi lebih lembut. Bagi yang alergi dengan karpet dengan penemprotan ini tidak elergi lagi. Sehabis mengepel, tuangkanlah sisa air pel pada selokan disekitar rumah, air gotpun menjadi bersih juga tanpa endapan dan bau yang menyengat. Dapat juga dituangkan kedalam WC yang menyebabkan septik tank tidak cepat penuh karena limbah WC didekomposisi oleh mikroba EM disamping itu dasar rumah akan dikuasai oleh mikroba baik dimana penyebarannya melalui saluran peresapan, kondisinya sangat berbeda apabila dasar rumah dikuasai oleh Salmonella maupun E. coli

Persiapan memasak

Diera milinium ini telah tercipta juga suatu era yang dinamakan era kramik modern ciptaan Prof. DR. Teuro Higa. Keramik modern itu berbentuk tabung, pipa, bola-bola kecil, powder untuk memperluas permukannya, guna melepaskan mikroba EM secara pelan-pelan yang dapat ditaruh di aqua galon, kolam renang bak mandi untuk menjernihkan air. Adalagi yang berbentuk perhiasan seperti gelang, kalung dan cincin yang dapat meperlancar sirkulasi darah. Tidak pelak lagi telah diciptakan kantong atau plastik-bag yang dibuat dengan melibatkan peranan mikroba EM.

Kantong pelastik dari EM ini digunakan sebagai wadah ketika para ibu pergi ke pasar untuk membeli bahan pangan. Sejak dalam perjalanan bahan pangan itu sudah dibersihkan dari polutan oleh mikroba EM seperti H2S, amoniak methan, radikal bebas dll, yang direaksikan oleh bakteri fotosynthetik menjadi zat-zat bioaktif seperti hormun enzim vitamin, asam amino dll. Sesampainya di rumah bahan pangan itu dicuci lagi dengan air yang telah diisi dengan EM-aktf juga dengan konsentrasi satu CC perliter air. Dengan perlakuan ini bahan-bahan pangan itu terbebas dari berbagai polutan berbahaya.

Tiga. Rendam beras dan daging dengan air yang telah diisi dengan EM-aktif sebelum dimasak sembari menunggu daging itu tidak membeku. Dengan cara ini beras dan daging menjadi lebih segar karena telah mendapatkan energi dari EM. Masakan akan lebih nikmat, bertahan lebih lama sebelum makanan itu basi. Semua itu disebabkan mikroba EM telah membawa energi kehidupan kedalam bahan pangan tersebut dan makanan menjadi lebih lezat.

Empat. Bilaslah piring dan pralatan dapur lainnya dengan EM-aktif agar terbebaskan dari racun dan polutan lainnya. Tembok dapur bila disemprot dengan EM-aktif mempermudah untuk menghilangkan sisa-sisa lemak yang menempel. Kipas angin baik disemprot dengan EM meskipun kipasnya sedang hidup. Kulkas juga baik disemprot denan EM-aktif agar pathogen tidak berkembang dan berbau tidak sedap.

Rendam pakaian dengan cairan yang berisi EM-aktif, dan dapat dicampur dengan diterjen lainnya, tidak akan mengurangi aktifitas deterjen dan EM. Pakaian akan lembut karena kotoran yang melekat dicelah-celah benang dimakan habis oleh mikroba EM. Bila hal ini sering-sering dilakukan, kulit yang bersifat kering pun menjadi lembut bila sehabis mandi selalu dibilas dengan EM. Dampak lainnya dapat mengurangi bau keringat.https://linktr.ee/em4

*) Staf ahli PT Songgolangit Persada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini