Dr. Wididana: Imun Tubuh Penting Hadapi Serangan Penyakit

0
44
Guru Besar UGM, Prof. Dr. APT. Zulles Ikawati, PH.D tengah menyampaikan materi dalam webinar Bokashi-Jamu Traditional bersama Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Tokcer Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr dengan moderator Wibhuti Emriko, B.Sc., M.Sc

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menilai, imun tubuh yang prima sangat penting dalam menghadapi serangan berbagai jenis penyakit yang bisa saja mengancam setiap saat.

“Imun tubuh juga sangat strategis dalam mengatasi alergi, pengaruh dari iklim atau lingkungan yang kurang baik sehingga mampu bertahan hidup,”kata sosok pria enerjik kelahiran Desa Bengkel, Busungbiu yang akrab disapa Pak Oles.

Ia mengungkapkan hal itu di hadapan sekitar 100 peserta kalangan milenial lintas provinsi di Indonesia pada webinar Bokashi-Jamu tradisional dengan materi “Manfaat Minyak Oles Bokashi untuk meningkatkan imun tubuh” dengan moderator Wibhuti Emriko, B.Sc., M.Sc yang juga ketua panitia webinar tersebut, baru-baru ini.

Ia mengatakan, imun tubuh yang prima sangat penting bagi manusia, binatang dan makluk hidup lainnya untuk bisa bertahan hidup, tidak cepat sakit, kalaupun sakit namun mampu cepat sembuh.

Manusia memiliki tubuh yang kebal atau terproteksi dari virus, jamur atau lingkungan yang tidak cocok. Orang yang imunnya tinggi dan ada pula orang yang imunnya rendah.

“Semakin tua umur seseorang, maka imunnya semakin rendah, tapi ada juga orang muda imunnya rendah karena dia tidak memelihara imun tubuhnya dengan baik,” ujar Dr. Wididana, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang.

Ia adalah satu seorang dari dua pembicara dalam Webinar tersebut, pembicara lainnya adalah  Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof.  APT. Zulles Ikawati, PH.D  dengan membawakan kertas kerja  berjudul “Herbal penjaga Imun Kita”

Dr. Wididana menambahkan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan tentang imun perlu dipahami dan diketahui tentang makanan, gaya hidup, olahraga, konsumsi herbal yang mengandung antioksidan yang mampu menjaga imun tubuh.

Jadi walaupun seseorang sudah berumur, namun tetap sehat dan kuat berkat dia menjaga imun tubuhnya dengan baik, dia tahu makan mana yang boleh, mana yang tidak, mana yang boleh makan sedikit, tidak boleh banyak dan lain sebagainya,

Ilmu tersebut sekarang sedang berkembang untuk menjaga imun tubuh yang perlu diketahui dan dipahami oleh lapisan masyarakat lintas umur, tutur Pak Oles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini