Enam Pejabat Kementan Timur Leste Edukasi EM4

0
56
Rombongan pejabat dari Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Demokratis Timur Leste melakukan pengenalan dan edukasi teknologi EM di Pak Oles Green School, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Enam pejabat dari Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Demokratis Timur Leste melakukan pengenalan dan edukasi teknologi Effektive Microorganisms 4 (EM4) di Pak Oles Green School, Jalan Waribang, Kesiman, Denpsar Timur.

Keenam pejabat tersebut diperkenalkan teknologi EM4 diberbagai bidang yaitu untuk pertanian, perikanan, peternakan dan limbah (7/11/22, kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan, mereka berharap ilmu pengetahuan tentang EM4 yang diperoleh, nantinya bisa diterpakan/diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan di negaranya Timor Leste.

Kunjungan sekaligus belajar ke Kebun Tanaman Herbal Pak Oles di Jl Waribang, Kesiman, Denpasar Timur dalam rangka Pelatihan Internasional Ubinan Sayur dan Buah, kerjasama Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste dengan Magister Pertanian Lahan Kering Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Konsep pertanian perkotaan yang diterapkan di Pak Oles Green School pada hamparan lahan seluas 4.000 meter persegi (40 are) di Jalan Waribang, Kesiman Denpasar Timur untuk melakukan pembelajaran kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Pertanian organik dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms (EM4) yang telah diterapkan di Pak Oles Green School selama 13 tahun yang silam memberikan dampak yang sangat luas.

Pak Oles Green School, sebuah tempat yang mengoleksi lebih dari 100 jenis tanaman obat yang berkhasiat sebagai tempat edukasi tentang pertanian organik yang dibuka untuk masyarakat umum dan kalangan pelajar.

Kebun itulah menjadi contoh pertanian organik perkotaan yang disebut Bokashi Farm atau pertanian organik dengan menggunakan pupuk bokashi sentuhan teknologi EM dari Jepang.

Dalam kawasan kebun pertanian organik tersebut dikembangkan pelayanan restoran dan tempat pelatihan. Pelatihan berlangsung sehari untuk belajar melihat langsung pertanian organik menggunakan teknologi EM. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini