Murid SD Alam Jamur Belajar Tanaman di Pak Oles Green School

0
68
Murid SD Alam Jamur saat belajar menanan tanaman di Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Sebanyak 64 murid kelas III Sekolah Dasar (SD) Alam Jamur ceria belajar menanam berbagai jenis tanaman diantaranya cocor bebek, kumis kucing menggunakan pupuk organik bokashi dalam polybag di Pak Oles Green School (POGS), Kang Zanger Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Selasa (27/9/22).

Rombongan murid yang datang menggunakan satu unit bus diantar oleh empat guru pembimbing diterima oleh kepala POGS, Koenjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok. Mengawali materi Yoyok memperkenalkan berbagai jenis tanaman dari bentuk dan fungsi tanaman.

Selain itu juga diperkenalkan berbagai jenis tanaman berkhasiat obat yang tumbuh subur diatas lahan seluas 40 are, sebagai miniataur tanaman obat dari Industri Obat Tradisional PT. Karya Pak Oles Tokcer.

Pada kesempatan itu murid SD Alam Jamur yang berlokasi di Jalan Tukad Batanghari, Denpasar juga diajak untuk belajar menanam tanaman yang telah disediakan. Rombongan murid sangat antusias mengikuti arahan dari Pak Yoyok dalam menanam tanaman cocor bebek dan kumis kucing menggunakan pupuk organik bokashi.

Menggunakan sarung tangan plastik, murid SD Alam Jamur tampak ceria mengikuti arahan dalam menanam menggunakan pupuk organik bokashi. Dengan ceria murid memasukkan pupuk ke dalam polybag lanjut menanam tanaman yang telah disiapkan. Selanjutnya tanaman tersebut dibawa ke rumah masing-masing untuk diamati pertumbuhannya.

Selain itu, rombongan murid juga diajak keliling kebun untuk melihat dari dekat berbagai jenis tanaman yang bisa dipergunakan untuk bahan loloh (jamu tradisional). Juga dapat melihat ternak sapi yang ada di lokasi dengan beriteraksi langsung memberi pakan dengan rumput gajah. Hal tersebut membuat murid senang dan gembira.

Sementara itu, Ibu Heindyah Safira Lufthy guru pembimbing SD Alam Jamur mengatakan kunjungan ini bertujuan mengajak anak didiknya belajar mengenai tanaman sesuai dengan fungsinya. Kunjungan yang merupakan program tengah semester ini diharapkan dapat menambah wawasan anak didiknya dalam mengenal lingkungan sekitar.

“Di Pak Oles Green School suasananya sangat sejuk, banyak ada tanaman yang memiliki khasiat obat, jadi ini dapat menambah wawasan anak didik kami, karena selama ini mereka juga belajar terkait tanaman toga yang ada di sekolah,” ujarnya. Diakhir kunjungan ditutup dengan makan siang bersama dengan menu khas Sunda Kang Zanger. linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini