Kadek Weda Gunakan Pupuk Bokashi Kotaku Rawat Kebun Cengkeh

0
68
Bokashi Kotaku mampu meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman cengkeh tumbuh subur dan berbuah lebat.

Kadek Weda, seeorang petani cengkeh dari Desa Unggahan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng selalu memilih pupuk organik Bokashi Kotaku, produksi PT. Songgolangit Persada unit pabrik Bantas, Kabupaten Tabanan untuk pemupukan dan merawat tanaman yang bernilai ekonomis tinggi, menjelang musim hujan dan kemarau.

“Pupuk organik padat Bokashi Kotaku mampu meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman cengkehnya tumbuh subur dan berbuah lebat,”tutur Kadek Weda yang telah mempercayakan perkebunan cengkehnya dirawat dengan pupuk organik Bokashi Kotaku.

Hamparan perkebunan tanaman cengkeh berkat menggunakan pupuk organik sehingga mampu memberikan penghasilan yang lumayan besar bagi pemilik lahan karena produksi yang dihasilkan lebih meningkat, dibandingkan menggunakan pupuk kimia.

“Kami menggunakan pupuk organik Bokashi Kotaku telah terbukti mampu mengembalikan kesuburan tanah, meningkatkan jumlah unsur hara yang dapat diserap tanaman sehingga produksi perkebunan cengkeh yang diperolehnya meningkat,” tutur Kadek Weda.

Sementara Supervisor Pupuk Bokashi Kotaku Pabrik Bantas, Kadek Wirawan dalam kesempatan terpisah menjelaskan, pupuk Bokashi Kotaku adalah pupuk organik padat yang diproduksi menggunakan teknologi Effective Microorganisms (EM) oleh PT Songgolangit Persada yang satu-satunya di Indonesia mendapat lisensi EMRO Jepang.

Proses produksi berpatokan pada Peraturan Menteri Pertanian RI (Permentan) dan Standar Operating Procedure (SOP) yang menjadi acuan dalam melakukan proses pekerjaan yang sudah buat oleh staf ahli, mulai dari proses kedatangan bahan baku, pencampuran bahan baku, fermentasi dengan EM4 dan molase serta proses pengayakan, pengcrasheran (mesin) dan pengemasan barang jadi.

Pupuk ramah lingkungan dengan kandungan makro dan mikro yang lengkap, serta mengandung mikroba alami yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah, cocok untuk semua jenis tanaman perkebunan, pertanian dan hortikultura, ujar Kadek Wirawan. https://linktr.ee/em4 #bokashikotaku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini