Pak Oles: Niat, Sadar dan Sikap Dipraktekkan Dalam Kehidupan

0
32
Gede Ngurah Wididana, Direktur Utama PT. Karya Pak OLes Grup.

Ada tiga hal penting dalam praktik yoga yang harus bisa dipraktikkan alam kehidupan sehari-hari, sebagai gaya hidup, yaitu niat, sadar dan sikap (Intention, Attention and Attitude).

“Dalam setiap nafas dan gerak, harus selalu fokus pada niat, ke mana dan untuk apa, jangan pernah goyah, ragu atau gelap akan niat baik.,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Sosok pria enerjik itu yang kesehariannya penuh dengan aktivitas itu selalu menekankan, perhatikanlah dengan seksama niat itu ke mana, mengapa, selanjutnya, niatlah yang menuntun untuk mencari bagaimana caranya.

Niat adalah guru sebagai patokan yang dituju. Niat yang baik menghasilkan perkataan dan perbuatan yang baik. Sebaliknya, niat yang buruk menghasilkan perbuatan buruk. Selalulah waspada akan niat perbaiki dan luruskan setiap saat. Itulah yang disebut dengan kesadaran.

Kesadaran atau sikap sadar harus dilatih dengan mengawasi pikiran, menyelaraskan setiap tarikan, penahanan dan hembusan nafas agar fokus dalam gerak tubuh, selalu diserahkan, dipersembahkan pada Tuhan Semesta.

Setiap peregangan, penahanan tubuh, yang selaras dengan tarikan dan hembusan nafas, memberikan manfaat sehat dan awet muda. Inilah makna latihan yoga, bahwa tubuh, pikiran dan jiwa, harus selaras dengan sikap, bahwa niat, kesadaran dan sikap harus menuju kebaikan, sebagai persembahan kepada Tuhan Semesta. Tubuh akan sehat, hati gembira dalam segala gerak yang selalu dipersembahkan. Salam tokcer. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini