Kolaborasi EM-Agrowisata Lingkungan Lestari dan Ekonomis

0
32
Koenjoro Adijanto, Manajer Pak Oles Green School saat menjelaskan cara membuat pupuk organik Bokashi menggunakan permetor EM4 di Kang Zanger Bokashi Farm, JL. Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Kolaborasi teknologi Effective Microorganisms (EM) dengan agrowisata mampu mengembangkan perkebunan tanaman herbal (obat-obatan) dengan menanfaatkan struktur tanah yang terasering (berundag-undag) sehingga menjadi objek yang menghijau, lestari serasi dengan lingkungan dan mempunyai nilai ekonomis tinggi.

“Kami mempersiapkan generasi muda cinta terhadap pertanian dan lingkungan, dengan melatih anak-anak sejak taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah tingkat pertama, sekolah menengah tingkat atas hingga perguruan tinggi untuk belajar teknologi EM,” kata Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir.  Gede Ngurah Wididana, M.Agr  ketika tampil sebagai pembicara utama dalam Webinar mengusung tema “Bertani Murah, Meriah, Hasilnya Berlimpah”

Ia tampil secara bergantian dengan pembicara lain yakni Rezali Anshar, S.ST, MM, Owner Youtube Channel Penyuluh Pertanian Lapangan dari Kalimantan Selatan, di hadapan ratusan peserta kalangan milenial dari berbagai daerah di Indonesia  yang dipandu moderator Wibhuti Emriko B.SC M.SC.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menambahkan, pelatihan tentang teknologi EM kepada anak-anak muda yang akan melanjutkan pembangunan pertanian modern melalui pelatihan dengan menekankan  agar mereka memiliki rasa senang dalam menggeluti dan menekuni sektor pertanian tersebut.

Dalam perkebunan tanaman herbal seperti yang dikembangkal di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali di atas hamparan lahans seluas 7 hektar  yang memiliki koleksi ratusan jenis tanaman obat kini mnenjadi sumber bahan baku produksi PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali.

Pendidikan dan pembelajaran generasi muda tentang pertanian organik melalui teknologi EM menjadikan masyarakat  memahami lingkungan yang sehat, pertanian yang  sehat, manusianya juga sehat sekaligus ekonomi menjadi  bangki dan sejahtera.

“Kami sudah melakukan aktivitas pendidikan dan pelatihan  pertanian organik kepada ribuan peserta yang terdiri para  petani dan mayarakat umum dari berbagai latarbelakang sejak 1997 atau 25 tahun silam di Institut Pengembnagan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali di Bengkel. linktr.ee/pakolescom #EM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini