Pupuk Bokashi Kotaku Tingkatkan Kestabilan Produksi Pertanian

0
19
Pengiriman Pupuk Bokashi Kotaku ke Desa Candi Kuning, Bedugul, Tabanan.

Pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi PT Songgolangit Persada, unit pabrik Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi pertanian dalam arti luas serta mendukung kesehatan dan lingkungan yang lebih baik.

“Pupuk ramah lingkungan yang diproses dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang itu menjadi salah satu alternatif yang kini dapat diterapkan dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia, khususnya Bali,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, hasil dari fermentasi EM4 pada pupuk bokashi dapat digunakan untuk menyuburkan tanah dan menekan pertumbuhan patogen dalam tanah, sehingga pengaruhnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman.

Untuk itu semua pihaknya hendaknya dapat melestarikan alam dengan EM dan pupuk bokashi kotaku. EM adalah kultur campuran mikroorganisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman.

Jika EM4 diaplikasikan sebagai inokulan berguna untuk meningkatkan dan menyeimbangkan mikrobiologi alam yang beragam dan alami di dalam tanah dan tanaman yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kuantitas, dan kualitas produksi tanaman.

EM pada awalnya dikembangkan untuk memperbaiki tanah dan tanaman untuk meningkatkan produksi pangan. Kemudian EM telah berkembang untuk memberi manfaat pada berbagai bidang termasuk pertanian, peternakan, perikanan, lingkungan, industri dan kesehatan, hingga kini lebih dari 100 negara di seluruh dunia telah menerapkan teknologi berkelanjutan tersebut. linktr.ee/pakolescom #EM4 #bokashikotaku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini