EM4 Peternakan Perbaiki Kesehatan Dan Mutu Daging Ternak

0
46
Seorang peternak sedang memberi minum ternak sapi dengan air yang telah dicampur dengan EM4 peternakan.

Effective Microorgamisms 4 (EM4) peternakan, salah satu dari empat jenis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada adalah kultur campuran dari mikroorganisme hidup yang sangat menguntungkan dan aman bagi ternak, mempunyai manfaat untuk memperbaiki kesehatan ternak, mengurangi ketegangan (stres) dan memperbaiki mutu daging ternak.

EM4 khusus peternakan dalam kemasan botol satu liter berwarna coklat juga mampu memperbaiki kesuburan ternak, mengurangi jumlah kematian ternak dan memperbaiki mutu kotoran ternak, kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

EM4 peternakan juga dapat mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran ternak, mengurangi jumlah lalat dan serangga ternak. EM Peternakan itu dapat dicampurkan pada air minum maupun pakan ternak.

Gusti Ketut Riksa menjelaskan, untuk air minum ternak larutkan 10 ml EM4 dicampur dengan 10 liter air bersih untuk minuman ternak setiap hari. Untuk pencegahan larutkan10 ml jamu ternak ke dalam satu liter air diberikan tiga hari berturut-turut selama seminggu. Sedangkan untuk pengobatan larutkan 10-90 ml jamu ternak ke dalam satu liter air diberikan setiap hari selama seminggu.

Sementara untuk pakan kering larutkan 30 ml EM4 ke dalam satu liter air kemudian semprotkan secara merata pada 10 kg pakan kering, kemudian diberikan kepada ternak piharaan. Untuk pakan basah tuangkan 30 ml EM4 ke dalam ember volume 10 liter yang sudah berisi pakan basah.

Berikan pakan alternatif setiap hari sekitar 10 % dari berat badan ternak dan dapat juga dicampurkan dengan konsentrat maksimal sebanyak 10 persen. Sanitasi kandang, mandi ternak dan limbah ternak dengan melarutkan satu liter EM aktif ke dalam 20 liter air, kemudian semprotkan/siramkan ke seluruh kandang juga ke tubuh ternak.

Pemberian EM pada pakan dan air minum ternak mampu meningkatkan nafsu makan karena aroma asam manis yang dihasilkan sehingga dapat memperbaiki jasad renik di dalam saluran pencernaan ternak. Tiga jenis EM4 lainnya yakni EM4 Pertanian, EM4 Perikanan dan EM4 Pengolahan limbah.linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini