Tanah Subur Pak Oles Bagus Untuk Tanaman Hias

0
22
Sejumlah mahasiswi biologi semester VI Universitas Udayana menunjukkan tanaman jenis aglonema yang dirawat menggunakan Tanah Subur Pak Oles.

Tanaman hias jenis krokot, aglonema/sri rejeki, sansivera dan monstrea (janda bolong) memerlukan perawatan dengan teknik penyiraman yang tepat dan cukup mendapat sinar matahari, sesuai dengan jenis tanaman serta mendapat tambahan nutrisi.

“Nutrisi yang dibutuhkan oleh akar yang akan menyalurkannya ke seluruh tanaman hias dan nutrisi itu bisa diperoleh dari Tanah Subur Pak Oles maupun Pupuk Bokashi Kotaku produksi PT. Songgolangit Persada pabrik Bantas, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan,’ kata Manajer Pak Oles Green School Ir. Koentjoro Adijanto.

Kombinasi Tanah Subur Pak Oles dan pupuk organik padat Bokashi Kotaku akan memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kandungan unsur hara tanah, meningkatkan jasad renik dan mikroorganisme dalam tanah, meningkatkan daya serap air dan menekan hama dan penyakit, sehingga tanaman tumbuh menjadi subur dan berbunga.

Atas dasar praktikum Ida Ayu Astarini dalam mata kuliah hortikultura dengan topik perbanyakan tanaman hias oleh mahasiswi biologi semester VI Universitas Udayana menggunakan Tanah Subur Pak Oles memberikan hasil yang bagus yakni mempercepat pembungaan.

Bahan organik yang digunakan dalam pembuatan bokashi merupakan sumber energi untuk mikroorganisme organisme tanah, dekomposisi bahan organik oleh mikroorganisme tanah menghasilkan asam organik, hormon tanaman (auksin, sitokinin, giberelin), vitamin, dan polisakarida.

Kondisi tersebut akan memacu pertumbuhan tanaman melalui peningkatan panjang tangkai daun, sejalan dengan meningkatnya panjang tangkai daun maka jumlah kuntum bunga juga meningkat. EM pelopor pertanian organik di Indonesia. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini