Seminar Itu Promosi

0
9
Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

Oleh: Kadek Brahma Shiro Wididana, SE., MM.*)
Bagaimana cara meningkatkan citra perusahaan untuk kalangan masyarakat ilmiah? Salah satu cara adalah dengan menggelar dan mengikuti seminar. Apakah mengadakan seminar sebagai pendengar, menjadi sponsor, atau menjadi pembicara seminar, yang manapun bisa diikuti tergantung kemampuan keuangan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Semakin sering suatu perusahaan mensponsori kegiatan seminar, semakin bagus citra perusahaan tersebut tentang visi kegiatan seminar. Tentu saja menjadi sponsor kegiatan seminar menghabiskan biaya, itulah yang disebut biaya promosi. Bagaimana kalau karyawan perusahaan hanya sekedar mengikuti seminar, sebagai pendengar atau peserta? Hal itu juga bermanfaat, kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan atau pandangan karyawan.

Sedangkan bagaimana jika perusahaan ditunjuk sebagai pembicara dalam seminar? Hal itu merupakan kesempatan yang sangat baik. Untuk itu pembicara harus siap ilmunya dipaparkan di depan publik. Diundang sebagai pembicara dalam seminar sangatlah menguntungkan perusahaan dari segi promosi, karena biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan seminar ditanggung penyelenggara, bahkan pembicara juga diberikan honor yang lumayan.

Karena itu sangatlah perlu mengembangkan perusahaan dalam bidang ilmu pengetahuan secara teori dan praktek, sehingga ilmu dan pengalaman perusahaan dapat disebarluaskan kepada masyarakat dalam bentuk seminar. Mengapa orang tertarik mendengarkan, atau datang menjadi peserta seminar bahkan berani membayar mahal? Pertama karena peserta seminar ingin mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman langsung dari sumbernya.
Kedua, karena peserta seminar ingin berkenalan langsung dengan pembicara dan peserta seminar lainya, ketiga, karena peserta seminar ingin membandingkan dan mengawinkan ilmu dan pengalamannya sendiri dengan ilmu dan pengalaman pembicara.

Jadi semakin bagus dan menarik topik yang dibicarakan dan semakin terkenal sipembicara, maka jumlah peserta seminar akan semakin banyak yang berdampak pada upaya citra pembicara, citra sponsor dan citra peserta seminar akan semakin bergensi. Karena itu pentingnya kiranya bahwa seminar itu adalah salah satu bentuk promosi yang efektif bagi perusahaan yang berpengalaman. Semakin dalam dan spesifik ilmu dan pengalaman yang dimiliki karyawan perusahaan, maka ilmu dan pengalaman perusahaan semakin dicari orang untuk dijadikan bahan seminar. Inilah ciri perusahaan yang berpengetahuan, yang bisa bertahan dalam persaingan global.
*) Staf Ahli Pemasaran PT karya Pak Oles Tokcer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini