Murid MI Alam Jamur Belajar di Alam Terbuka

0
35
Photo bersama murid Madrasah Iptida’yah (MI) Alam Jamur selepas kegiatan pembuatan Bokashi Kotaku.

Sebanyak 56 murid kelas IV Madrasah Iptida’yah (MI) Alam Jamur di Jalan Batangari No.4C Denpasar Selatan didampingi empat orang gurunya belajar di alam terbuka di Bokashi Farm Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar.

Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto memandu sekaligus mengajar puluhan anak-anak tersebut di alam terbuka untuk mengenal tanaman obat – obatan (herbal) dan membuat pupuk Bokashi Kotaku dari bahan kotoran sapi yang difermentasikan dengan teknologi Effective Microorganisms (EM4).

Belajar mengenai alam lingkungan, termasuk mengenal ternak sapi yang dipelihara di kebun percontohan puluhan jenis tanaman obat, dapat menghilangkan kejenuhan siswa, karena selama ini tidak bisa belajar tatap muka dengan guru di sekolah, namun belajar secara online dari rumah mereka masing-masing.

Program belajar di luar sekolah sekaligus diharapkan dapat menambah wawasan anak-anak tentang lingkungan, karena Pak Oles Green School yang dibangun oleh Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr di atas hamparan seluas 40 are merupakan sebuah lokasi dengan koleksi lebih dari 100 tanaman obat yang berkhasiat.

Lokasi tersebut sekaligus tempat edukasi tentang pertanian organik yang dibuka untuk masyarakat luas, mulai dari  anak-anak TK, SD hingga perguruan tinggi. Mereka bisa mengenal jenis tanaman obat, pupuk organik dengan menggunakan teknologi  Effetive Microorganisms (EM).

Baiq Diah Mayasari, salah seorang dari empat guru pendamping murid tersebut menjelaskan, selama pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun, baru pertama kali ini kembali mengajak anak didiknya belajar di alam terbuka.

Sebelumnya kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali, dengan lokasi yang berbeda-beda yang mampu mencerminkan kelestarian lingkungan. Kebetulan Bokashi Farm dan Pak Oles Green School memiliki koleksi puluhan jenis tanaman obat dan konsep kelestarian lingkungan sehingga sangat penting untuk diketahui oleh anak didik.

Ir. Koentjoro Adijanto yang dibantu stafnya I Nyoman Suandhi mengajarkan anak-anak membuat bokashi Kotaku dari kotoran sapi yang difermentasi dengan EM4. Selain itu juga mengajarkan anak-anak setingkat sekolah dasar itu memasukkan pupuk organik itu ke dalam poly bag lalu ditanami tanaman obat yang sudah disediakan. Puluhan anak-anak itu juga diperkenalkan berbagai jenis tanaman obat masing-masing beserta khasiatnya.

Menutup keseluruh rangkaian kegiatan belajar di alam terbuka itu seluruh anak didik dan guru pendamping menikmati menu makanan khas Sunda di Warung Kangzangger di kawasan Pak Oles Green School. linktr.ee/pakolescom #pakoles #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini