Informasi Ciptakan Pasar dan Tingkatkan Citra Produk

0
13
Kadek Brahma Shiro Wididana, Staf Ahli Pemasaran PT. Karya Pak Oles Tokcer.

Oleh: Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. *)
Dalam dunia bisnis, kecepatan pertukaran barang, jasa dan uang tidak bisa terlepas dari informasi. Informasi yang dimaksud berupa penjelasan produk tentang kuantitas, kualitas, waktu, tempat, hasil penelitian, pengembangan, dan orang-orang yang bertanggungjawab terhadap pengembangan informasi.

Menurut kamus webster, informasi berarti ilmu pengetahuan yang dihasilkan dari pengamatan, penelitian atau perintah. Informasi juga berarti komunikasi atau penerimaan ilmu pengetahuan atau intelegensi. Dengan cara demikian, tujuan informasi dapat terpenuhi yaitu memberdayakan pelanggan dan calon pelanggan melalui pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman, sehingga pelanggan merasa puas dan terlayani dengan baik untuk memenuhi kebutuhanya.

Nama dan citra produk, merek perusahaan dan public figure haruslah mendapatkan tempat di hati masyarakat khususnya pelanggan. Nama suatu produk akan mendapat tempat dihati masyarakat jika sudah ada bukti yang sesuai dengan janji atau claim produk. Karena itu janji produk harus ditepati dengan bukti.

Pada titik ini perusahaan sudah mempunyai ratusan bahkan ribuan pelanggan yang dengan sukarela siap menjadi humas untuk promosikan produk. Karena itu nama produk, merek perusahaan, dan public figure perlu dijaga dan dikelola dengan baik, sebab nama sangat penting, artinya untuk memberikan citra, harapan, impian, kebanggaan dan kepuasan konsumen.
Perusahaan adalah lembaga badan usaha, yang memproduksi, menjual dan mengelola usaha, untuk melayani konsumen. Di dalam perusahaan ada manajemen dan pelaksana manajemen. Perusahaan juga mempunyai nama dan citra yang harus dikelola dengan baik. Untuk mengelola hal tersebut, perlu dipikirkan dan dijalankan bagaimana memanajemen informasi yang tepat.

Manajemen informasi yang kurang tepat mengakibatkan biaya, waktu, dan target pasar yang melenceng, sehingga menghasilkan biaya informasi yang tinggi, lama atau tidak mampu menciptakan pasar, dan pencapaian target pasar yang menurun.
Bila manajemen informasi dilakukan dengan tepat akan mengakibatkan penurunan rasio biaya informasi dengan pencapaian target pemasaran secara menyeluruh. Manajemen informasi tepat akan menghemat waktu pencapaian target pemasaran.

Target pemasaran dapat dicapai dalam waktu singkat, dan dapat ditingkatkan beberapa kali lipat dari waktu ke waktu. Karena itu segera lakukan manejemen informasi yang tepat, temukan formula dan metode manajemen informasi produk yang dipasarkan.
*)Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini