Pupuk Bokashi Tingkatkan Pertumbuhan Tanaman Terung

0
134
Tanaman Terung tumbuh sebur dan berbuah yang dibudidayakan secara organik menggunakan pupuk bokashi dengan sentuhan EM4 di TPS Catur Kwero Sedana, Pecatu, Badung.

Terung (Solanum melongena L.) merupakan tanaman sayuran yang termasuk famili Solanaceae. Tanaman terung merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Untuk mencapai peningkatan hasil, upaya yang dapat ditempuh di antaranya adalah pemilihan bibit unggul, pengaturan pola tanam, pengendalian hama dan penyakit serta pemupukan. “Pemupukan merupakan salah satu faktor yang penting untuk dianjurkan, karena pemupukan dapat meningkatkan produktivitas serta kesuburan lahan,” ujar Koenjoro Adijanto, Manager Pak Oles Green School.

Ia menambahkan, Teknologi EM4 merupakan salah satu konsep pemanfaatan mikroorganisme tanah bersifat menguntungkan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Penerapan teknologi EM4 dapat dilakukan dengan memfermentasi berbagai bahan organik seperti pupuk kandang, kompos, serbuk kayu dengan larutan EM4 (Effective Mikroorganisms 4).

Hasil penelitian menyatakan pemberian pupuk bokashi berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung yaitu pada tinggi tanaman, jumlah buah per tanaman dan hasil ton/ha. Pupuk organik bokashi akan meningkatkan aktivitas biologis tanah dan juga meningkatkan ketersediaan air tanah.

Dengan semakin tersedianya air tanah maka absorbsi dan transportasi unsur hara maupun air akar akan lebih baik, sehingga laju fotosintesis untuk dapat meningkatkan cadangan makanan bagi pertumbuhan tanaman lebih terjamin dan akhirnya produksi buah akan meningkat. Pilih EM4 Yang Sudah Pasti.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini