Mahasiswa Universitas Jember Praktek Di Pak Oles

0
139
Mahasiswa Universitas Jember saat belajar ke Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer di plan 2 Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng.

Apoteker Penanggung Jawab Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT), sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali Apt Endah Widyowati,S.Si menerima kunjungan tujuh mahasiswa Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) Univeritas Jember, Jawa Timur di Plan Buleleng, Desa Bengkel sekitar 75 km barat daya Kota Denpasar.

Mahasiswa yang didampingi Kepala Produksi Industri Obat Tradisional (IOT) PT KPOT Plan Denpasar, Putu Sudarsana, SE serangkaian melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan milik Dr. Ir Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles, baik yang di Denpasar maupun Desa Bengkel, Buleleng.

Apt Endah Widyowati,S.Si pada kesempatan itu didampingi I Nym Okta Parsida, bagian Quality Control pabrik tersebut. Ia menjelaskan tentang semua alur produksi Industri Obat Tradisional di Plan Desa Bengkel, Buleleng serta peran dan tugas apoteker di unit usaha industri.
Endah Widyowati juga mendampingi, mengantar dan memberikan informasi yang sangat diperlukan kepada mahasiswa PKPA tentang proses Minyak Oles Bokashi dari proses pengolahan simplisia yang meliputi penyortiran, pencucian, perajangan, penjemuran, penepungan sampai pengemasan produk ke dalam botol.

Sebelumnya mereka juga menerima materi tentang Cara Pembuata Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB) dan proses produksi di pabrik IOT KPOT Bengkel. Melihat dari dekat ratusan jenis tanaman herbal berkhasiat obat sebagai bahan baku Minyak Oles Bokashi dan Produk Ramuan Pak Oles lainnya di atas hamparan lahan seluas tujuh hektar.

Tanaman obat organik itu dirawat dengan pupuk organik padat Bokashi Kotaku dan pupuk hayati Effective Microorganisme 4 (EM4) sehingga tumbuh subur dan ramah lingkungan.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini