Konik Puspawati: Minuman Herbal Untuk Kesehatan

0
85
Konik Puspawati (kanan) saat praktek membuat jamu dalam acara Buleleng Yoga Festival di Villa IPSA.

Mengkonsumsi minuman herbal dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar rumah untuk kesehatan dengan resep  mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan stamina tubuh.

“Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kunyit, daun sirih, sirih merah, jahe, asam lunak, madu, kapulaga, temulawak dan gula merah,” kata Konik Puspawati ketika tampil sebagai pembicara pada Workshop memeriahkan “Buleleng Yoga  Festival” di Villa IPSA Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Dalam kertas kerja berjudul “Pemanfaatan bahan-bahan yang  ada di sekitar kita untuk minuman herbal”, Ia menjelaskan, loloh kunyit itu sangat bagus, untuk pencernaan, yang bahan dasarkan dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Kunyit mengandung antiseptik yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kunyit memiliki nutrisi yang dapat membantu , mencegah nyeri  dan menghangatkan badan ditambah dengan jahe.

“Ibu-ibu dan remaja putri bisa memanfaatkan bahan baku kunyit standar tadi disesuaikan dengan kebutuhan yakni ditambah dengan jahe merah dan garam dikombinasikan dengan bahan yang disukai sehingga menghasilkan minuman herbal sesuai kesenangannya,” tutur Konik Puspawati yang terampil dalam membuat minuman loloh Bali.

Dengan demikian mengkonsumsi loloh herbal itu tidak menjadi beban dalam kesehariannya, padahal loloh yang diminum itu mampu membantu nutrisi tubuh, sekaligus menumbuhkan keinginan mengulangi kembali menikmatinya.

Konik Puspawati menekankan, dalam membuat minuman herbal itu usahakan menggunakan panci dari tanah lihat, tidak menggunakan panci aluminium, maupun bahan plastik lainnya  karena dalam proses pemanasan air ada unsur-unsur aluminium ikut larut ke dalam air.

“Karena kita di Bali juga percaya Usadha Bali, bahwa tanah adalah pertiwi, jadi kita mohonkan prosesnya dari awal hingga loloh siap dikonsumsi memberikan manfaat bagi tubuh kita,” ujar Konik Puspawati.

Dalam proses pembuatan minuman herbal yang diterapkan secara bersama-sama  dengan dibantu Ibu Ayu Citra dan sejumlah peserta lainnya mempraktekkan dua resep minuman herbal yang mempunyai khasiat untuk memperbaiki pencernaan dan meningkatkan stamina tubuh.

Semua bahan-bahan yang disiapkan itu selanjutnya diolah disesuaikan dengan takaran dan kondisi masing-masing yang akan mengkonsumsinya, termasuk bahan tambahan yang disenangi seperti teh, kopi maupun susu.

Dalam takaran untuk dua liter air yang diawali dengan melakukan doa memohon tanaman yang kita gunakan dapat memberikan manfaat, sesuai dengan keperluan tubuh masing-masing.

Bahan baku adalah 100 gram kunyit, daun sirih, sirih merah  9 helai,  jahe 50 gram atau 3 ruas,  tambahkan  asam lunak dan gula aren. Semua bahan dimasukkan ke dalam panci tanah liat dipanaskan sampai airnya mendidih. Setelah itu siap dihidangkan dan dinikmati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini