Melawan Kemalasan Dengan Yoga

0
73

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana *)

Pekerjaan yang paling gampang adalah malas, itu yang saya rasakan, apalagi didukung oleh suasana sibuk dan dikejar waktu, contohnya adalah malas berolah raga.

Orang yang malas berolah raga bisa berakibat fatal, minimum kegemukan dan susah bergerak, lama-lama sendinya encok, tulangnya keropos, lebih fatal lagi dia bisa kena penyakit dalam, seperti jantung, kencing manis, bisa-bisa kena syaraf, pikun atau penuaan dipercepat.

Untuk melawan kemalasan saya temukan dengan teknik yoga. Saya mulai dengan gerakan ringan-peregangan, kemudian pernafasan (pranayama), selanjutnya yoga yin- yoga diam untuk peregangan.

Setelah badan terasa panas, saya lanjutkan dengan gerakan yoga bikram- yoga panas. Otot dan otak malas saya tindas dengan yoga.

Hasilnya badan sehat dan lentur, walau awalnya terasa lemas dan malas, setelah melakukan yoga selama 60 menit, badan kembali berenergi. Saat itulah saya merasa sukses, sukses melawan kemalasan.

Mulailah dari hal hal kecil secara konsisten untuk membuat perubahan besar, untuk mendapatkan kesuksesan, karena sehat adalah salah satu berkah utama, yang harus diperjuangkan sendiri.

Bisa dicoba dan ditiru, bagi yang mau. Setiap pagi dan sore gerakkan dan regangkan badan dengan yoga, biayanya murah, investasikan waktu mulai hari ini dengan peregangan, jangan tunggu besok, atau jangan tunggu setelah anda berlangganan ke rumah sakit, karena biayanya jauh lebih mahal, walau penyakit anda masih ditanggung asuransi.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup dan Instruktur yoga internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini