Panen Buah Mahkota Dewa Sebagai Bahan Baku Teh Herbal

0
72
Pak Jana sedang memanen buah mahkota dewa sebagai bahan baku teh herbal di Desa Bantas, Selemadeg, Tabanan.

Tanaman herbal mahkota dewa yang dikembangkan di lahan kosong sekitar lokasi pabrik pupuk organik Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pak Oles PT Songgolangit Persada di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan tumbuh subur dan sudah beberapa kali dipanen.

“Tanaman herbal mahkota dewa itu tumbuh subur berkat pemeliharaan yang intesif dengan menggunakan pupuk Bokashi Kotaku,” kata Supervisor Pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pak Oles Pabrik Bantas, Kadek Wirawan, SH.

Pabrik pupuk organik tersebut dibangun di atas lahan seluas satu hektar, di sela-sela pabrik terdapat tanah kosong yang ditanami mahkota dewa buahnya cukup banyak, hasil panennya  sebagai bahan baku memproduksi teh herbal Bukit Hexon Mahkota Dewa di Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer yang berlokasi di Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

“Buah makota dewa yang berwarna merah (matang) dipanen, hasilnya dalam beberapa keranjang dikirim ke IOT PT KPOT di Bengkel, Buleleng untuk bahan baku teh herbal. Kami rutin mengirim buah mahkota dewa setiap panen ke Bengkel,” tutur Kek Wirawan.

Mahkota dewa mempunyai khasiat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker dalam tubuh, disamping buah berikut kulitnya mengandung antioksidan potensisal yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Selain itu juga mempunyai manfaat untuk mengobati eksim, gatal-gatal, rematik, asam urat, mengurangi rasa sakit saat terjadi pendarahan (pembengkakan), meningkatkan kebugaran tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan mengobati disentri.

IOT KPOT mengolah buah mahkota dewa menjadi teh herbal dalam kemasan siap saji dengan citarasa yang khas, dapat diperoleh dengan harga terjangkau di konter-konter Pak Oles yang tersebar di berbagai tempat di Bali maupun luar Bali.

Salah satu dari 15 jenis teh herbal produksi IOT PT KPOT dalam siap saji itu tinggal menyeduh dengan air hangat, dapat ditambahkan sedikit gula atau madu sesuai selera. Minum teh herbal mahkota dewa secara rutin pagi maupun sore hari memberikan manfaat bagi imun dan  kesegaran tubuh. linktr.ee/pakolescom #pakoles #minyakbokashi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini