Tri Kaya Parisuda dan Tri Hita Karana (3)

Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Tri Hita Karana adalah tiga hal yang dapat membuat kehidupan di dunia ini seimbang, damai, bahagia dan harmoni, yakni hubungan yang selaras dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa (Prahyangan), hidup yang berdampingan saling menghormati sesama umat manusia (Pawongan) dan hidup harmonis dengan lingkungan alam sekitarnya (Palemahan).

“Mengapa hidup harmonis itu sangat penting, karena hidup saling sinergi, seimbang saling mendukung antar kehidupan, bukan antagonis atau saling membunuh, karena manusia dan makluk lainnya hidup saling mendukung,” tutur Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Sosok pria enerjik kelahiran Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng menjelaskan, kehidupan manusia sangat tergantung dari alam, berbagai jenis tumbuh-tumbuhan di alam sekitarnya, kehidupan aneka jenis hewan, masyarakat, tetangga sekitar, keluarga besar, ayah, ibu dan saudara kandung.

Oleh karena itu pertama dalam Tri Hita Karana, salah satu keunggulan kearifan lokal Bali adalah hidup yang harmoni, damai dengan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia sebagai ciptaanya harus bersyukur, sujud dan bakti kepada Tuhan, khususnya yang ada dalam diri sendiri.

Hal itu dilakukan dengan mencintai dirinya sendiri, Tuhan yang ada dalam badan tubuh dirinya sendiri, senantiasa harus disapa dengan Japa Mantra, Pramayana, Yoga dan Meditasi, setiap hari, rutin dan berkesinambungan.

Hal itu sebagai wujud kesadaran bahwa hidupnya ini sangat pendek harus terus akrab  dengannya  jangan sampai saat ada masalah saja, bingung atau stres baru ingat pada Tuhan. Tetapi setiap saat, setiap hari harus ada kesadaran baru, batin harus dibersihkan sehingga bisa membedakan mana yang baik, mana yang buruk, yang bisa menumbukan cinta kasih kepada sesama, diri sendiri, tetangga, keluarga dan orang tua.

Sedangkan hidup damai dan serasi sesama umat manusia (pawongan) tumbuh keyakinan akan Tuhan dan keberadaan diri sendiri bisa berdamai dengan baik, bisa memaafkan, bersabar dan bisa membantu masyarakat dengan cinta kasih. linktr.ee/pakolescom