Rumah Sehat Dengan Teknologi EM

Mengepel lantai menggunakan EM4 dapat membersihkan lantai, menghilangkan bau yang tidak sedap serta mengurangi perkembangan lalat dan kecoa

Oleh Ir.I Gusti Ketut Riksa *)

Di negara maju seperti Jepang telah dibangun banyak rumah sehat untuk mengantisipasi pencemaran. Sejak penggalian fondasi sudah dituangi dengan Effective Microorganisme (EM) aktif sehingga dasar rumah telah didominir oleh mikroba antagonis (EM) agar tidak terlanjur dikuasai oleh Salmonella maupun E.coli.

Pada perumahan padat penduduk, hanya berjarak beberapa meter saja telah dibuat septik tank, tidak kecil kemungkinannya kedua jenis bakteri pathogin itu berkembang. Apabila hal ini terjadi tentu sangat sulit memberatasnya.

Rumah yang ada sekarang disebutnya sick housa syndrom. Bukan hanya itu saja, radikal bebas, logam beratpun dapat ditekan oleh EM agar jangan dari pandemi disusul lagi oleh endemi.

Apabila rumah beserta septik tank nya sudah terbuat, tuangkan saja EM aktif di kloset sekurang-kurangnya ½ liter setiap bulannya. Mikroba EM akan menyebar dibawah tanah untuk mengurangi pencemaran dan lingkunganpun ikut terevitalisasi antara lain terhindar dari bau busuk, makanan tidak cepat basi, hewan peliharaan juga tidak berbau busuk, penghuninya  nyaman.

Beberapa kwestionair menyatakan bahwa orang yang menderita epilepsi, setelah menempati rumah ini beragsur-angsur membaik. *) adalah Staf Ahli PT Songgolangit Persada dan Instruktur EM Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali di Bengkel. linktr.ee/pakolescom