Produk Peternakan Sehat Bebas Residu Antibiotik

Koentjoro Adijanto menunjukkan produk EM4 ramah lingkungan.

Oleh Ir. Koentjoro Adijanto *)

Resistensi antimikroba adalah kondisi dimana virus atau bakteri tidak dapat dimatikan dengan anti mikroba (anti virus) atau obat antibiotik. Selain manusia, hewan ternak juga dicegah dari resistensi antimikroba, karena bisa berpotensi berbahaya bagi kehidupan manusia.

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Ph. D. mengatakan pihaknya memang terus berkomitmen untuk mencegah terjadinya resistensi antimikroba di Indonesia.

Peternak perlu menerapkan praktik-praktik peternakan yang baik dan mencegah serta pengendalian infeksi. Harapannya, dengan semua itu bisa menghasilkan produk peternakan yang sehat, bebas residu antibiotik dan bebas penyakit.

Dalam menyikapi hal tersebut bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai imbuhan pakan adalah probiotik. Selanjutnya probiotik salah satu alternatif pengganti Antibiotic Growth Promoter/AGP merupakan mikroba atau bakteri hidup yang digunakan untuk membantu memperbaiki kesehatan, terutama sistem pencernaan dengan tujuan meningkatkan keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan dan mengurangi mikroba patogen seperti Eschericia coli, Salmonella dan Clostridium.

Selain itu probiotik dapat merangsang sistem imun/kekebalan alami tubuh dengan cara menciptakan kondisi usus yang fungsional dan menghambat perkembangan bakteri merugikan. Dengan demikian pemberian Effective Microorganisms (EM4) peternakan memberikan kesehatan ternak lebih terjamin dan lebih ramah terhadap kesejahteraan manusia dan lingkungan. EM4 Pelopor Pertanian Organik.

*) Manaje Pak Oles Green School . linktr.ee/pakolescom