Pertanian Bunga Akrab Lingkungan di Chili

Pertanian bunga di Chili.

Super Flor adalah perusahaan yang dibangun untuk bisnis tanaman bunga gerbera selama lebih dari 17 tahun (sampai dengan 2018). Super Flor berlokasi di Las Palma de Ocoa City, 110 km ke utara dari ibu kota Santiago. Sekarang, Super Flor merupakan perusahaan terbesar yang menghasilkan bunga gerbera di Propinsi Valparaiso.

Pemilik kebun bunga menghadapi masalah penyakit tanaman seperti nematoda dan Fusarium. Oleh karena itu, pemilik kebun memperkenalkan Teknologi EM sebagai percobaan untuk mengontrol penyakit jamur dalam waktu satu tahun,” kata Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Mereka menggunakan EM aktivasi ke dalam tanah, disemprotkan ke umbi bibit dan seluruh tanaman. Dalam perlakuan pada tanah, satu bulan sebelum tanam, mereka menambahkan banyak bahan organik, seperti kotoran kambing dan sisa-sisa daun tanaman.

EM aktivasi digunakan melalui irigasi tetes selama musim tanam. Umbi bibit bunga direndam dengan EM aktivasi sebelum tanam. Mereka juga menyemprotkan EM aktivasi ke tanaman dan bunganya langsung dengan menggunakan alat semprot gendong.

Hasil dari perlakuan EM aktivasi adalah sebagai berikut, kematian tanaman yang rendah, tanaman tumbuh lebih hijau dan dan bersih, bunganya cerah, diameter tangkai bunga dan bunga lebih besar serta lebih cepat dipanen. Kualitas bunga lebih baik dengan harga lebih bagus.

Produksi bunga meningkat 45%, biaya produksi menurun 75%, karena penurunan menggunakan fungisida dan bahan penyuci hama, EM mudah digunakan dengan menerapkannya di irigasi tetes, kondisi biologis tanah membaik, dengan kehadiran populasi Trichoderma 3000/gram tanah, sedangkan populasi Fusarium tidak terdeteksi. (Materi diambil dari EM in The World 2018, Case Study 24-25 November 2018, Okinawa).  linktr.ee/pakolescom