New Normal: Bangun Kekuatan Diri Dari Dalam Diri Sendiri Untuk Melanjutkan Hidup

Gede Ngurah Wididana saat memberi motivasi pada seminar kepemimpinan di Denpasar sebelum pandemi.

Oleh: Dr. Gede Ngurah Wididana *)

Istilah new normal awalnya aneh, sambil berpikir dan ngedumel dalam hati: “kok normalnya baru, berarti ada old normal atau normal lama? “Ternyata ngedumel dan bertanya pun tidak bisa mengubah pendirian new normal itu. Akhirnya new normal menjadi biasa terdengar dan dimengerti sendiri melalui kebiasaan baru, yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Pengertian new normal baru sebatas fisik, tingkah laku baru melawan ekspansi virus Corona. New normal adalah gaya hidup baru agar kita tidak mati konyol dilibas Covid 19. Gaya hidup melalui pikiran baru, pandangan baru, tingkah laku baru agar kita bisa melanjutkan hidup, sebagai individu, keluarga, organisasi.

Intinya adalah bagaimana meningkatkan imunitas tubuh, imunitas pikiran, dengan cara vaksin, olah raga, makanan sehat, gaya hidup sehat dan cara bekerja, cara berpikir, cara berkomunikasi, cara bersosialisasi, cara berbisnis/bertransaksi baru yang disebut new normal.

Bagi mereka yang tidak bisa mengikuti jaman new normal pasti sakit, rugi, mati, bangkrut, tanpa ampun, walau kita sudah minta ampun. New normal adalah cara baru untuk membangun imun tubuh, individu, keluarga, organisasi dan negara yang harus dilakukan untuk melanjutkan hidup.

Bagaimana caranya? Kita harus bisa beradaptasi, berubah, mau berubah melakukan penyesuaian baru dengan iklim/ kondisi, suasana baru, dengan belajar dan terus memperbaiki diri, kreatif, produktif dan efisien. Cepatlah beradaptasi agar tidak terlambat, apalagi mati kutu, karena tidak mampu, tidak bisa menyesuaikan diri.

New normal harus diusahakan dengan membangun kekuatan diri dari dalam diri sendiri, untuk melanjutkan hidup. Kalau tidak bisa, maka gaya old normal pasti siap melibas mereka yang susah, malas, tidak mau berubah. Tetap semangat. Salam tokcer.*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group. linktr.ee/pakolescom