Flavonoid Jenis Apa Yang Ada Di Dalam Minyak Bokashi?

Yudi salah satu konsumen setia Ramuan Pak Oles menunjukkan produk Minyak Oles Bokashi sebagai obat keluarga.

Khusus tentang flavonoid yang banyak ditemukan di dalam akar, daun, batang, bunga, buah, kulit batang tanaman obat dan tanaman pangan diketahui sangat bermanfaat untuk senyawa anti virus, anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi. Senyawa flavonoid dikelompokkan ke dalam antioksidan, yaitu senyawa yang dapat menghambat atau meniadakan proses oksidasi.

 “Oksidasi adalah reaksi kimia yang bisa menyebabkan pembusukan/ kerusakan kematian sel akibat senyawa radikal bebas. Flavonoid berperanan penting sebagai antiokasidan untuk penyembuhan penyakit,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles.

Ia menjelaskan, flavonoid banyak dikandung oleh berbagai jenis tanaman obat. Senyawa flavonoid apakah yang dikandung di dalam Minyak Bokashi? Untuk tujuan itulah penelitian dilakukan di laboratorium.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, Minyak Bokashi mengandung 4 jenis flavonoid yang terdiri atas 1.  6-Methoxy-2-[2-(4′-methoxyphenyl) ethyl chromone, 2. Cardamomin, 3. Nobiletin dan 4. Isodidehydrotubero-stemonine.

Keempat jenis flavonoid tersebut diduga efektif untuk menyembuhkan penyakit, tapi jenis yang mana paling berpengaruh atau paling kuat belum diketahui. Secara umum flavonoid sangat berpengaruh dalam penyembuhan penyakit karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. 

Dalam penelitian sebelumnya diketahui bahwa, Minyak Bokashi juga mengandung senyawa antioksidan lainnya, yang terkandung dalam flavonoid, yaitu : polifenol (36.384,80 mg/kg); tanin (11.512,67 mg/kg) dan vitamin E (13,77 mg/100g), kata pak Oles. linktr.ee/pakolescom